Salah satu upaya yang dapat kita lakukan agar keseimbangan lingkngan terpelihara,paling tidak adanya dengan mengelola ketertiban,kebersihan dan keindahan lingkungan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab .
Membudidayakan cinta lingkungan hidup harus menjadi benteng yang tangguh untuk mengiterelisasi dan menanamkan nilai nilai lingkungan hidup.
Agar upaya dan kegiatan tersebut berjalan dengan baik,tentunya di perlukan langkah langkah yang tepat sehingga pelaksanannya tidak hanya bersifat semntara,mulai dari perencanan pelaksanan hinga pengurusannya secra terpadu.
A.Perencanan penghijauan di lingkungan sekolah.
Kegiatan penghijauan dapat dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kesegaran udara dan keasrian lingkungan di sekitar sekolah.
Perencanaan kegiatan penerapan K3 perlu mempertimbangkan;
a.Luas ahan yang akan di tanami.
b.Kondisi lingkungan fisik (tanah,udara,air).
c.Jenis tanaman yang akan digunakan.
d.Teknik ]enanaman yang akan di lakukan.
e.penataan ruang.
f.cara cara pemeliharaan dan pengurusan.
g.Ketersediaan sumber dana.
B.Perencanaan pendaur ulangan sampah di sekolah.
Upaya penetapan teknologi tepat guna yang sekaligus berfungsi untuk mengurangi keradaan limbah.Bentuk penerapan teknologi tepat guna bagi kita sebagai siswa,salah satunya dapat di lakukan melalui program kegiatan pendaur ulangan sampah menjadi kompos.
Metode daur ulang sampah organik di bagi menjadi 3 yaitu;
a.Pengompasan.
b.Methanetiea.
c.Pakan ternak.
Sementara untk pengompasan,banyak variasi dari metode ini yang dilakukan oleh masyarakat seperti
a.Metode aerob.
b.Metode charcing ( produksi kompos dengan bantuan charcing untk mempercepat proses bio-degradasi).
c.Metode konversional.
Membudidayakan cinta lingkungan hidup harus menjadi benteng yang tangguh untuk mengiterelisasi dan menanamkan nilai nilai lingkungan hidup.
Agar upaya dan kegiatan tersebut berjalan dengan baik,tentunya di perlukan langkah langkah yang tepat sehingga pelaksanannya tidak hanya bersifat semntara,mulai dari perencanan pelaksanan hinga pengurusannya secra terpadu.
A.Perencanan penghijauan di lingkungan sekolah.
Kegiatan penghijauan dapat dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kesegaran udara dan keasrian lingkungan di sekitar sekolah.
Perencanaan kegiatan penerapan K3 perlu mempertimbangkan;
a.Luas ahan yang akan di tanami.
b.Kondisi lingkungan fisik (tanah,udara,air).
c.Jenis tanaman yang akan digunakan.
d.Teknik ]enanaman yang akan di lakukan.
e.penataan ruang.
f.cara cara pemeliharaan dan pengurusan.
g.Ketersediaan sumber dana.
B.Perencanaan pendaur ulangan sampah di sekolah.
Upaya penetapan teknologi tepat guna yang sekaligus berfungsi untuk mengurangi keradaan limbah.Bentuk penerapan teknologi tepat guna bagi kita sebagai siswa,salah satunya dapat di lakukan melalui program kegiatan pendaur ulangan sampah menjadi kompos.
Metode daur ulang sampah organik di bagi menjadi 3 yaitu;
a.Pengompasan.
b.Methanetiea.
c.Pakan ternak.
Sementara untk pengompasan,banyak variasi dari metode ini yang dilakukan oleh masyarakat seperti
a.Metode aerob.
b.Metode charcing ( produksi kompos dengan bantuan charcing untk mempercepat proses bio-degradasi).
c.Metode konversional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar